Agroteknologi Turun ke Sekolah Pertanian

Jum'at, 27 Desember 2019 12:55 WIB

Peragaan Teknik Kultur In Vitro dan Pelatihan Dasar Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura merupakan wujud kerja sama antara pihak Agroteknologi dengan SMK Negeri 2 Batu. Kegiatan ini difasilitasi oleh Blockgrant Pengabdian, Fakultas Pertanian Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang, dalam bentuk Pengabdian Masyarakat Berbasis Sekolah (PMBS).

Kegiatan yang merupakan bentuk kerjasama antara instansi dalam meningkatkan keahlian, khususnya di bidang pertanian, lebih spesifik pemulia tanaman dan bioteknologi ini sudah disepakati antara kedua belah pihak. Kedua instansi telah melakukan hubungan kerjasama dan diskusi mendalam, terkait apa yang sebaiknya dilakukan, sehingga kegiatan tepat sasaran, dan bermanfaat bagi kedua belah pihak. Kegiatan yang dilaksanakan pada 27 Agustus 2019, bertempat di aula SMK Negeri 2 Batu. Diikuti oleh siswa Program Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman, Teknik Kimia, dan jajaran pembina serta guru SMK Negeri 2 Batu.

Kegiatan dibuka oleh Kepala SMK Negeri 2 Batu, Ibu Heni Mahendrayani, S.Pd., M.Pd., dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Tim Pengabdian, Bapak Dr. Ir. Agus Zainudin, MP. Materi peragaan teknik kultur in vitro dan pelatihan dasar pengujian mutu benih tanaman pangan dan hortikultura disampaikan oleh pemateri Ibu Dr. Ir. Maftuchah, MP., dan Aulia Zakia, SP., MSi.

Pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan berjalan dengan lancar. Seluruh peserta baik dari siswa maupun para guru/ pengajar mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir kegiatan. Seluruh peserta antusias, dilihat dari banyaknya pertanyaan seputar materi, serta partisipasi positif dalam praktik langsung di kelas. Kegiatan berjalan sesuai target yang telah ditetapkan sebelum pelaksanaan, yaitu: mengenalkan dan meningkatkan pemahaman siswa Agribisnis Produksi Tanaman,terhadap dasar kultur in vitro, serta dasar ilmu dan teknologi benih, sebagai bidang kajian pertanian yang menunjang pengembangan materi pembelajaran yang sudah ada di SMKN 2 Batu.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Batu merupakan satu-satunya sekolah berbasis pertanian yang ada di Kota Batu. SMKN 2 Batu berdiri pada tahun 2004, dan saat ini memiliki 3 Program Keahlian dengan Spektrum terbaru. Program keahlian tersebut antara lain,Agribisnis Produksi Tanaman (AT), Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian dan Perikanan (APHPP), dan Teknik Kimia (TK). Semoga kegiatan ini dapat dilanjutkan melalui kerja sama lebih lanjut antara Agroteknologi dan SMK Negeri 2 Batu. [ie]  

   

Gambar 1. Penjelasan materi kultur in vitro oleh Dr. Ir. Maftuchah, MP.

    

Gambar 2. Praktek pengujian mutu benih 

Gambar 3. Foto bersama peserta pelatihan

Gambar 4. Foto bersama Kepala sekolah dan Dewan Guru

Shared: