Kerjasama Agroteknologi UMM dengan SMK Negeri 2 Batu Memasuki Tahun ke-3

Senin, 10 Januari 2022 11:48 WIB

Kerjasama Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian-Peternakan, UMM, dengan SMK Negeri 2 Batu dalam bentuk pelatihan kepada siswa maupun guru telah memasuki tahun ke-tiga. Agenda pelatihan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun melalui program Pengabdian Masyarakat Berbasis Sekolah (PMBS), Blockgrant Fakultas Pertanian-Peternakan UMM. Kegiatan ini merupakan wujud kerjasama untuk sama-sama meningkatkan kualitas siswa dan guru, sebagai SDM unggulan Sekolah Negeri di Kota Wisata Batu. Pada tahun ini kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pelatihan perakitan dan pemrograman, dalam tema Perakitan Internet Of Think (Iot) Sederhana Untuk Pertanian.

Kegiatan dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMK Negeri 2 Batu. Diikuti oleh jajaran pembina serta guru SMK Negeri 2 Batu. Kegiatan dibuka oleh Kepala SMK Negeri 2 Batu, yang diwakili oleh Bapak Tito Wahyu Anggoro, Ssi., MPd., dilanjutkan dengan pengantar dari ketua tim pengabdian Ibu Aulia Zakia, SP., MSi., dan materi perakitan dan instalasi IoT sederhana pertanian yang disampaikan oleh Bapak Dr. Fauzi Dwi S. S., ST., M. CompSc.

Internet of think (IoT) adalah salah satu penemuan terbaru yang saat ini dikembangkan karena memiliki kelebihan dari segi fungsionalitas dan mendukung kinerja tanpa menggunakan bantuan kabel, dan berbasis wireless. IoT banyak diadaptasi sebagai sistem kendali jarak jauh untuk mempermudah budidaya. Kegiatan budidaya selama ini dikenal harus dilaksanakan secara intensif, sehingga membutuhkan suatu terobosan untuk bisa memudahkan dalam pelaksanaan. IoT dapat digunakan untuk mengatur dan menyesuaikan suhu, pH, RH, intensitas cahaya, waktu bahkan penyiraman, menggunakan sensor yang dihubungkan dengan internet dan diatur dari jarak jauh. Melalui IoT ini, diharapkan kegiatan budidaya yang harus intensif dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien waktu.[ie] 

Shared: