National Seminar "Reaktualisasi dan Gerakan Mahasiswa Mewujudkan Industri Pertanian 4.0”

Sabtu, 27 Mei 2023 12:12 WIB

Industri pertanian telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir, terutama dengan adopsi teknologi yang semakin maju. Konsep Industri Pertanian 4.0 muncul sebagai upaya untuk mengintegrasikan teknologi digital dan internet dalam sektor pertanian guna meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keberlanjutan. Berdasarkan hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Program Studi  (HMPS) Agroteknologi mengadakan seminar untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan melalui program Webinar Nasional Kewirausahaan. Kegiatan ini merupakan salah satu acara program kerja dari Himpunan Mahasiswa Agroteknologi yang tergolong dalam acara HI-FEST (Himagro-Festival) 2023. Seminar Nasional ini merupakan salah satu rangkaian acara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) dengan tema “Reaktualisasi dan Gerakan Mahasiswa dalam Memanifestasikan Industri Pertanian 4.0”.

Acara yang dilakukan pada Sabtu, 27 Mei 2023 secara hybrid yaitu secara offline di GKB 4 lantai 9 Universitas Muhammadiyah malang (UMM) maupun online melalui zoom meeting tersebut dihadiri oleh Mahasiswa UMM dan beberapa Mahasiswa dari beberapa kampus terkemuka di Indonesia. Ketua program studi, Dr. Ir. Agus Zainudin, MP yang membuka acara menyampaikan peran penting gerakan mahasiswa telah menjadi motor penggerak dalam memperbarui sistem pertanian yang ada. Mahasiswa dapat menjadikan contoh dan mengajarkan petani tentang penggunaan teknologi modern, seperti drone, sensor, dan Internet of Things (IoT) untuk memantau tanaman dan meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya.

Dr. Ir. Wahono, MT. yang merupakan dosen sekaligus praktisi mengupas tuntas tentang peluang usaha alpukat di era industri pertanian 4.0. Selain itu, pengusaha sekaligus praktisi ekspor impor pellet kayu yang akrab dipanggil Evan memberikan pengalamannya dalam membangun usaha energi terbarukan dengan pemanfaatan limbah kayu yang menarik perhatian peserta yang hadir. Menurut salah satu peserta, “Acara nya sangat manarik dan dapat menambah wawasan, terutama Pak Evan menarik dan asik juga” pungkas Aulia menanggapi pelaksanaan acara seminar nasional ini.  

Shared: